Cara Membuat SEO di Blogspot

wahtekno -  Banyak dicari karena blogspot tidak menyediakan plugin all in one SEO pack seperti di wordpress. Padahal kenyataannya blogspot juga menyediakan fitur SEO, hanya saja pengguna harus mengatur manual. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa blogspot merupakan bentuk sub domain dari platform blogger.

Website yang menggunakan blogger ini berpeluang besar menempati halaman utama mesin pencarian google karena memang milik google. Sebelum menggunakan jasa penulis artikel, bagi Anda yang memiliki akun blogger dan ingin menerapkan SEO, cara yang akan dijelaskan di bawah ini mungkin dapat membantu Anda.

Cara ini ditujukan untuk pemula karena memang dibuat semudah mungkin penjelasannya. Jadi para pemula yang belum terlalu paham istilah dalam dunia blogger bisa dengan mudah menerapkannya. Langsung saja, ini dia cara yang dimaksud.

1. Melakukan setting permalink

Setting permalink adalah pengaturan permanen link atau tautan. Link menjadi salah satu acuan pencarian. Jadi pastikan link mengandung kata kunci atau paling tidak link seperti judul tulisan. Di blogger biasanya permalink sudah dibuat SEO, Anda tidak perlu khawatir. Anda tinggal membuat saja judul yang menarik dan SEO friendly, nanti permalink akan mengikuti.

2. Mengaktifkan meta tag dan meta deskripsi

Meta tag ini perlu diaktifkan agar para pembaca bisa mengetahui deskripsi singkat tentang blog Anda. Sedangkan meta deskripsi berisi ulasan singkat tentang artikel yang diposting. Jadi saat Anda melakukan pencarian, akan muncul hasil beberapa website dengan deskripsi. Nah deskripsi tersebut bisa diubah dengan penggunaan meta deskripsi.

Untuk menggunakan meta deskripsi Anda harus mengaktifkan meta tag terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya dengan masuk ke dashboard blog > memilih setting > klik preferensi penelusuran > memilih meta tag > klik edit > klik pilihan ya dan mengisi deskripsi blog > klik simpan perubahan.

Setelah mengaktifkan meta tag, nanti di bagian setelan entri saat Anda membuat artikel akan muncul bagian deskripsi penelusuran. Bagian inilah yang sering dinamakan dengan meta deskripsi. Usahakan memasukkan kata kunci saat mengisinya.

3. Menambahkan gambar beserta alt text

Cara membuat SEO di blogspot selanjutnya yaitu dengan menambahkan gambar di artikel. Tidak hanya itu, gambar juga harus diberi alt text atau keterangan gambar. Caranya adalah klik gambar > pilih properties > isi alt text > klik OK.

4. Menambahkan internal link

Internal link merupakan link ke halaman lain dalam website yang sama. Jangan lupa juga untuk menambahkan internal link agar bot google bisa mengcrawler website Anda dengan mudah sehingga kesempatan mendapat backlink semakin tinggi dan semakin menguatkan halaman lain di situs.

5. Menambahkan link nofollow

Jika link yang Anda sertakan merupakan link website lain maka buat saja link nofollow agar tidak terdeteksi spam saat dirayapi oleh google.

6. Submit artikel di webmaster google

Jangan lupa juga untuk submit link website di webmaster. Sebenarnya google otomatis akan merayapi atau mencrawl link halaman situs Anda tapi antrian crawl link sangat banyak. Dengan submit di webmaster, link Anda akan masuk dalam prioritas antrian.

7. Memperbaiki page speed

Kecepatan loading blog juga mempengaruhi rangking hasil pencarian.

Dari penjelasan di atas Anda mungkin bisa menilai bahwa untuk membuat search engine optimization atau optimasi mesin pencari di blogspot cukup mudah. Anda bisa melakukannya meskipun termasuk pemula di dunia blogger.

Semuanya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Demikian informasi tentang cara membuat SEO di blogspot yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel